30 Juni 2008

Mengenang Saat2 Menjelang Kelahiran WINTAR

28 Juni 2006

Aku ke RS, dah siap dg tas bekal nginep. Suami tercintaku belom dateng, baru nanti siang psawatnya.
Pikiran dah kacau banget deh pas ngantri kontrol.
Trus dah bilang ke mbak piah klo mau rawat inap, jadi minta dicariin kamar skalian.
Pas masuk ruang dr Rukmono, udah dag dig dug.... smoga ada berita baik... gitu pikirku.

Akhirnya tetep sama.... harus sgera SC. Nangis lg deh aku...
Impianku bukan melahirkan dg cara sperti ini... Aku berangan2 nglairin anak kembarku dg persalinan normal, tangis kebahagiaan di setiap kontrol, bukan tangis kesedihan dan kegelisahan sperti ini....

Ya Allah, Ampuni hambamu yg sedang meratap ini..
Kuatkan Imanku untuk selalu mensyukuri segala karuniaMu.
Pasti ada nikmat dibalik sgala cobaanMu.

Aku langsung masuk ke Cendrawasih, soalnya adanya kamar ya tinggal itu. Di lantai 2 pula... ribet deh...
Stl Mas Susan dateng, coba cari kamar di wijaya kusuma. Akhirnya dapet di kusuma. Alhamdulillah... Abis magrib pindahan deh ke bawah.

Abis itu istirahat utk persiapan oprasi besok.
Tp perawat sliwar sliwer di kamarku, nyuntik lah, kasih obat lah....
lagian gak bisa tenang mikirin mau oprasi.
rencananya oprasinya siang, jam 2.

29 Juni 2006

kira2 jam 1 siang mulai siap2.
Ibu2 Pogung baru, tetangga2 dikampung pada nggrudug ke RS. Aku malah jd nangis, bener2 deh rasanya campur aduk.... apa yg akan terjadi nanti....
aku pingin banget ditungguin hubby tercinta, tapi apa daya dr Rukmono ga ngijinin. Ya sudah... Bismillah aja....

Dalam bayanganku... Kamar oprasi yg menyeramkan.... ga ada yg aku kenal (cuma pak dokter yang baik itu)...... Lampu diatas yang bikin ngeri... Wis, pokoknya takut deh....

Akhirnya siap deh aku diubek2 dokter demi bertemu anak2ku...
Sampai di GBST sardjito, naik ke lantai 4 atau 3 ya?? (lupa). Trus Mas Susan cm boleh nganter sampai gerbang pertama kamar oprasi. Hiks.. hiks.... Cm ciuman sayang yang dia kasih buat nguatin aku. Aku bisikin suamiku.. "jangan putus ngaji nya sbelum aku slesai oprasi yah pak...., doain aku & anak2..."
(hiks... hiks... aku masih jg sesenggukan nih mengenang saai itu...)

Akhirnya aku didorong residen2, masuk ke ruang oprasi. Eit... lupa blom pasang kateter..... di lorong itu jg si kateter dipasang... Oups.... atittt...

Tahap pertama, proses pembiusan.
Aku disuruh duduk, trus bungkuk sampe tulang belakang nya bisa dimasukin bius.
Detailnya gimana aku ga bgitu ngerti. Yang jelas krn aku super duper gemuk (82kg/160cm) jadi tim anastesi ksulitan ngebius aku.... Susah banget nemuin tulangnya. hahaha....
Tapi akhirnya bisa jg kok, dipasang selang kapiler (mungkin itu namanya) buat masukin bius.
Proses selanjutnya, cek tensi, pasang kabel2 apa gituh.... pokoknya buat rekam detak jantung, Di jari jg dijepit. Pasang oksigen.
Trus residen yang banyak itu pada berdatangan. Trus pas udah siap, posisiku kmbali dipastikan siap di meja oprasi yang ternyata sempit, pas se badan, trus tangan pun ditaroh di meja sambungan yang bener2 pres buat tangan. Ternyata bgini ya meja oprasi.
Ada yang ngajak ngomong aku, "gimana mbak, udah siap kan?"
oooo ternyata itu dr.Rukmono.. hehehe... abis kan ijo2, mukanya ga kliatan.
"InsyaAllah Dok..."
Trus dr.Rukmono mimpin do'a dulu. Aku disuruh do'a sekhusyuk2nya....
Ya Allah.... I'm so lonely.....
Selama oprasi, para residen & dokter pada becanda mulu. Ngobrol ngalor ngidul...
Baru tau aku, ternyata ga se tegang yang aku bayangin.
Selama oprasi berlangsung, ada seseorang (kliatannya residen) yang memang standby di deket kpalaku. Dia slalu nanya apa yg aku rasain.
Tanganku sempet merah2, aku jg gak tau knp. tapi emang sejak hamil tanganku rada kebas & pas oprasi itu di jari2nya merah2. gak tau darahnya kenapa. Tapi si residen sempet panik jg krn merah2 itu.
Selama oprasi berlangsung sih aku gak krasa apa2 (ya jelas lah, wong di bius). Tapi yang jelas aku ngrasa kdinginan. Apalagi bgitu Windra kluar (14.03) langsung nggigil aku, sampe gigi ini bunyi. Si residen yg standby tadi langsung pegang tanganku... sambil bilang, sabar ya bu.... do'a terus....
Stelah nggigil, aku seseg rasanya. apalagi stelah Tara kluar (14.06) sesegnya bukan main. Sampe si residen ngelus kpalaku jg.... (haduh.... coba yang ngelus suamiku.... bisa damai deh ati ini). Trus aku dikasi oksigen yang gede itu...
Pas anak2 kluar tu rasanya lega banget. Trus denger tangisan mreka pertama kali, seneng banget. Subhanallah.... Subhanallah.... Allahuakbar...
Akhirnya dr.Rukmono nanya.... "mbak, mau liat anaknya dulu gak?"
"Wah, ya iya dong dok..."
Trus disodorin ama ibu2 (bidan or prawat). Satu di kiri, satu di kanan.
Nangis lagi aku........
trus krn mreka harus sgera dapet perawatan super intensif, jadi ga bisa lama2.
Stelah itu, dibersihin & ditutup lagi deh lobang di perutku.
Tau gak siy.... aku sempet liat gunting ama benang yang buat njait perutku. Gara2nya nariknya kepanjangan, jadi tangan si dokter yang belepotan darah itu nylonong nglewatin tirai. jadi ya aku liat deh...
Harusnya pas itu aku udah bisa tidur krn bius total. Tapi kok ya biusnya gak mempan. Aku masih juga sadar. Sampe dokternya nanya.... "lho, kok masih melek to mbak. mbok wis turu wae... kok yo biuse ra mempan to mbak..."
hihihi... kali krn kegedean badan yah???
Stelah slesai, yang ngangkat aku aja sampe gak kuat....
Makasih banyak buat crew yang udah ngoprasi aku. Terutama Pak Dokter ganteng yang baik hati, & mas residen yang nemenin aku.
Aku didorong ke ruang apa ya namanya... pokoknya tempat buat nunggu sadar dari bius, jadi transit dulu sblm ke kamar lg.
Kluar dari tempat transit, disambut ama orang2 tercinta... hiks.. hiks... nangis lagi nih....
Pertanyaan pertama, "Tara piye pak??"
Tapi saat itu mas Susan cuman bilang, "sehat, udah di kamar bayi"

Aku baru bisa liat anak2 stelah hari ke 3. Itupun pake kursi roda, ga bisa nyusuin langsung. cuma peras2 asi aja.

bersambung ke "stelah WinTar lahir"






Tidak ada komentar: